Home » Small Business (UKM) » Pempek » 5 Hal Menarik tentang Pempek – Dok Sikam

Pempek adalah makanan asli dari Sumatra Selatan, tetapi lebih dikenal berasal dari Palembang. Dok Sikam adalah salah satu penghasil pempek lezat dan murah yang pastinya pada belum tahu nih. Nah, kalau mau cicip-cicip pempek buatan Dok Sikam silakan order melalui nomor 085335538892. Bagi yang ada di Blitar atau mampir di sana, silahkan berkunjung.

Nah ada 5 hal menarik yang akan dibahas mengenai pempek yang akan menggugah selera makanmu.

  1. Kisah Apek Mengenalkan Pempek

Apek, apa itu Apek? Apek adalah lelaki/pria tua suku Tionghoa. Apa hubungannya dengan pempek? Nah saya ceritakan nih apa hubungannya.

 

Dahulu kala pada kesultanan Palembang-Darusasallam memiliki kekayaan melimpah yang berasal dari sungai Musi. Kekayaan yang berupa tangkapan ikan. Mereka menangkap ikan dan mengolahnya dengan digoreng dan dipindang. Ketika waktu itu seorang pria tua dari Cina datang berkunjung. Dia turut prihatin melihat banyak ikan yang tenggelam di sungai Musi, guraunya pada seorang teman. Setiap hari yang ada hanya ikan, ikan ,dan ikan. Ia merasa bosan dengan pindang dan ikan goreng. Keprihatinanya melihat ikan hanya dipindang dan digoreng memunculkan sebuah ide baru. Ia mencoba mencampur gilingan ikan dengan tepung tapioka dan ahasil makanan baru tercipta. Nah ia menjajakan makanan itu ke kota dengan berkeliling. Saking seringnya dipanggil “Pek” ketika menyebarkan dagangannya. Akhirnya nama makanan itu dipanggil pek-pek dan dikenal sebagai empek-empek atau pempek di masa kini.

 

Namun cerita ini belum tentu kebenarannya sob, jadi jangan percaya dulu sama saya. Percaya ya sama Tuhan. Percaya sama saya  nanti dikira musryik.

 

  1. Cuko Pempek

Cuko atau bisa disebut kuah pempek. Merupakan suatu yang wajib aja jika anda menyantap pempek. Enak tidaknya pempek dipengaruhi cuko. Percaya atau tidak jika rasa pempek cuma begitu-begitu saja, yang paling mendominasi adalah cukonya. Perlu ditahu juga cuko mengandung fluor, katanya nih bagus buat email gigi. Kok bisa? Kamu harus tahu nih, cuko itu mengandung senyawa fluor. Di mana fluor sendiri bagus untuk kesehatan tulang. Apalagi untuk gigi, fluor bisa melindungi gigi layaknya tameng. Tapi nih, kalau terlalu banyak asupan fluor maka gigi mudah membusuk. Jadi walaupun enak jangan sampe ketagihan dan dikonsumsi setiap hari.

Untuk anak dibawah delapan tahun dibatasi untuk mengonsumsi cuko. Pasalnya kebanyakan fluor untuk anak umur di bawah delapan tahun menyebabkan fluorosis gigi. Fluorosis adalah keadaan di mana email gigi mengalami kerusakan dalam hal mutu. Di sini mutu gigi penderitanya tidak akan terjamin, seperti bercak atau cacat pada email. Nah makanya kalau makan itu diteliti dulu kandungannya jangan asal makan (Emang aku bicara pernah ngelakuin, ya enggak :’v).

 

  1. Jenis Ikan untuk Pempek

Harus kamu tahu nih pempek pertama kali berbahan ikan belida. Kenapa harus ikan belida? Jangan tanya saya, tanya sejarahnya. Tapi asal kalian tahu aja nih, kualitas pempek mencapai kata super itu berkat ikan belida. Ikan belida sendiri memiliki kekuatan membuat pempek menjadi lebih renyah daripada bahan ikan lain. Yah sekarang ikannya sudah banyak yang migrasi ke surga jadi rada-rada langka, walau ada, harganya pasti mahal pula. Lalu ikan gabus, pempek yang katanya lebih lembut. Selain itu aromanya juga tidak tajam. Ada lagi yang terkenal, yaitu pempek ikan tenggiri. Selain aromanya yang tajam, rasanya juga tajam. Pempek jenis ini bisa dijadikan alternatif dari pempek belida. Lalu masih banyak jenis ikan yang dapat menjadi pempek, misalnya kakap merah, parang-parang, ekor kuning, ikan sebelah, ikan dencis, ikan tuna putih, ikan putak, ikan toman, sarden, sepat siam, iblis besar, bahkan lele pun jadi. Nggak kebayang imajinasi manusia segitu besarnya, mungkin di masa depan nanti ada juga pempek ikan cetol, ikan teri, ikan wader, sampai bukan ikan, kaya kepiting, cumi-cumi, belut, dll.

 

  1. Cara membuatnya cukup mudah

Yaps, buat pempek itu mudah sebenernya. Hanya perlu beberapa bahan seperti tepung, bawang, air, penyedap, dan bahan dasar pempek. Caranya cuma dengan menghaluskan rempah-rempah. Lalu menyatukannya dengan tepung, air, bahan pempek dan penyedap rasa dengan cara dimasak sampai menjadi bubur. Setelah itu diberi tambahan tepung dan dibentuk layaknya pempek pada umumnya. Goreng dan tiriskan. Hidangkan dengan cuko. Ya begitulah singkat cara membuat pempeknya.

 

  1. Nama-nama unik Pempek

Pempek memilik banyak nama karena kepopulerannya. Tidak hanya ini-itu aja bentuknya, banyak yang sudah berkembang menyerupai krupuk, pastel, dll. Nah ini saya berikan sedikit list buat anda semuanya yang masih belum tahu nama-nama pempek.

  • Pempek Lenjer (guling/gelondong)
  • Pempek Kapal Selam atau Telor Besar
  • Pempek Telor kecil
  • Pempek Pistel atau Pastel atau pempek Kates
  • Pempek Keriting mirip Kerupuk
  • Pempek Adaan atau Pempek Bulat
  • Pempek Kulit
  • Pempek Tahu
  • Pempek Keju
  • Pempek Sosis
  • Pempek Panggang alias Pempek Tunu
  • Pempek Lenggang
  • Pempek Dos / Pempek Sagu
  • Tekwan
  • Model (jangan cari digugel ‘model’ tapi ‘tekwan model’)
  • Model Gendum
  • Celimpungan
  • Laksan
  • Rujak mie
  • Otak-otak
  • Sate ikan

Tapi jangan salah lho ya, itu bukan semuanya pempek, melainkan beberapa dari mereka adalah turunan dari pempek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *