Efektifitas Media Komik dan Gambar dalam Pembelajaran

Nilai edukatif media komik dalam proses belajar mengajar tidak diragukan lagi. Menurut Sudjana dan Rivai (2002:68) menyatakan media komik dalam proses belajar mengajar menciptakan minat para peserta didik, mengefektifkan proses belajar mengajar, dapat meningkatkan minat belajar dan menimbulkan minat apresiasinya.

Media gambar menurut Riyanto (1982:24) merupakan salah satu jenis bahasa yang memungkinkan terjadinya komunikasi, yang diekspresikan lewat tanda dan simbol.

Jenis Media Gambar

Menurut Riyanto (1982:26-30) jenis media gambar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. foto dokumentasi; menyangkut dokumen yang berhubungan dengan nilaisejarah.

b. foto aktual; gambar atau problem aktual ini menggambarkan kejadiankejadianatau problem aktual.

c. gambar atau foto reklame; gambar ini bertujuan untuk mempengaruhimanusia dengan tujuan komersial. Gambar ini terdapat dalam surat kabar,majalah-majalah, buku-buku, poster-poster. Gambar ini dapat digunakan sebagai media pendidikan dalam pelajaran ekonomi, pengetahuan sosial, bahasa dan lain-lain.

d. gambar atau foto simbolik; jenis ini terutama dalam bentuk simbol yang mengungkapkan pesan tertentu, misalnya gambar ular yang sedang makan kelinci merupakan simbol yang mengungkapkan suatu kehidupan manusia yang mendalam.

Pada penelitian menggunakan jenis gambar atau reklame karena dengan jenis gambar ini siswa akan lebih tertarik dan lebih mudah diikuti oleh siswa sehingga pelajaran yang diberikan lebih dipahami oleh siswa.

Kelebihan Media Gambar

Sudjana dan Rivai (2002:49) mengungkapkan beberapa kelebihan media gambar sebagai berikut:

a. konkrit, lebih realistis dan menunjukkan pokok masalah atau pesan yang akan dikomunikasikan bila dibandingkan media verbal.

b. dapat mengatasi batasan ruang dan waktu

c. dapat mengatasi keterbatasan indera

d. dapat memperjelas suatu masalah yang kompleks

e. murah harganya dan mudah diperoleh.

4. Kekurangan Media Gambar

Menurut Hamalik (1982:84) kelemahan media gambar yaitu penggunaan media gambar akan tidak efektif lagi, apabila terlalu sering digunakan dalam satu waktu tertentu.

Penggunaan Gambar Secara Efektif

Pada penggunaan gambar secara efektif, Hamalik (1982:84) mengemukakan bahwa penggunaan gambar secara efektif dapat dilakukan apabila gambar disesuaikan dengan kegiatan siswa, baik dalam hal besarnya gambar, detail warna dan latar belakang yang perlu penafsiran, dijadikan untuk pengalaman kreatif, untuk memperkaya fakta dan memperbanyak fakta serta memperbaiki kekurangjelasan.

 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply