Home » Education » Istilah dalam Internet

Ada hal hal yang harus diketahui sebelum kita belajar internet lebih lanjut, yaitu istilah-istilah yang dipakai dalam internet. Mungkin istilah ini susah di terjemahkan dalam bahasa kita, namun paling tidak kita mengetahui maksudnya, misalnya www (world Wide Web, Link, homepage, download dan sebagainya. Sebenarnya ada beberapa usaha untuk mensosialisasikan padanan kata dalam bahasa indonesia, namun masih kurang familiar di kalangan pengguna internet. Sebagai contoh Link dalam terjemahan bahasa indonesia adalah tautan, Banyak pengguna internet yang lebih memahami kata “link” dari pada kata tautan.

Contoh lain adalah Download, dalam terjemahan bahasa indonesia adalam unduh, pertama kali emang agak asing/aneh dengan kata unduh. Kalo saya lebih menyukai download, karena sejak saya mengenal internet hingga sekarang saya selalu terbiasa dengan download bukan unduh. Tapi bukan karena saya kebarat-baratan lho, tapi memang lebih familiar, nyaman menggunakan kata download. Bagaimana dengan anda??

Singkat kata kita tidak usah mempertentangkan kata-kata yang dipakai oleh guru, tentor atau dosen kita yang mengajarkan teknologi informasi, namun harus lebih dewsa menyikapinya, apakah unduh ataukah download yang jelas merupakan kegiatan transfer data dari server internet ke drive lokal kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *