Home » Small Business (UKM) » Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

 

Salah satu bisnis yang bisa tetap survive di masa yang akan mendatang sehingga bisa dijadikan sebagai bisnis jangka panjang ialah bisnis air minum isi ulang. Belakangan ini, bisa dibilang bisnis air minum isi ulang cukup  menjamur. Namun, kamu tidak boleh patah semangat dalam menggelutinya karena semua orang sangat membutuhkan air, baik untuk minum ataupun berbagai kebutuhan yang lainnya.

Menekuni bisnis ini tidaklah terlalu sulit pengelolaannya dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas. Hanya saja, kamu harus memilki lokasi yang benar-benar strategis. Tempat depot air isi ulang yang strategis ini ternyata dapat mendongkrak penjualan sampai 50% selain harga tentunya yang lebih kompetitif, karena orang sangat interest sekali untuk mendapatkan perbedaan harganya. Konsumen dari usaha ari isi ulang ini ialah semua orang karena semua orang membutuhkan air. Nah, hal ini tentunya akan menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis isi ulang air minum.

 

 

Bahkan kebanyakan orang lebih memilih cara praktis untuk memperoleh air minum dari depot isi ulang yang saat ini banyak bermunculan dan merasa malan untuk memasak air minum sendiri karena tidak mau repot. Ketika kamu tertarik untuk menggeluti usaha air isi ulang ini, maka langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menyediakan tempat di lokasi strategis. Untuk bisnis air isi ulang tidak membutuhkan tempat yang luas, ruangan ukuran 4 x 5 meter saja sudah lebih dari cukup.  Setelah itu, langkah selanjutnya ialah dengan mencari agen penyulingan dan juga perakitan alat pengisian ulang air mineral. Untuk memasangkan alat penyulingan tersebut, biasanya dana yang dibutuhkan tidak sedikit.

 

Peralatan yang Diperlukan

 

Untuk memulai bisnis ini, beberapa alat yang perlu dibeli antara lain :

  • Satu unit pompa
  • Tabung Filter Air, digunakan untuk menyaring air, harga sekitar  1.500.000
  • Pasir Silika berfungsi menyerap lumpur dan kotoran dalam tabung filter air, harga satu zak sekitar Rp 300.000
  • Karbon (Arang) Aktif untuk menyerap bau, rasa tidak enak, dan menjernihkan air, harga satu zak sekitar Rp 600.000 yang dapat digunakan untuk 6 – 12
  • Satu set lampu ultraviolet (UV) untuk membunuh virus dan kuman di dalam air, harga sekitar Rp 1.600.000
  • Rak Aluminium untuk tempat proses pencucian dan pengisian air.
  • Housing Filter sebagai tempat penyaringan kotoran, harga sekitar Rp 75.000
  • Filter catridge dewater untuk menyaring partikel besar dan kecil di dalam bahan baku air, harga Rp 20.000
  • Carbon block sebagai penyerap bau dan rasa, harga sekitar Rp 30.000/buah
  • Water meter sebagai pengukur air (kapasitas)
  • Beberapa tambahan peralatan lainnya, seperti penampung air, tutup gallon dan tissu.

Di pasaran satu paket usaha penyulingan air yang standard untuk melayani konsumen galonan biasanya dijual dengan harga sekitar 10 – 15 juta rupiah tergantung merek dan kapasitas.

 

Mengurus Perizinan

Setelah depot air minum isi ulang anda dibuka dan telah beroperasi, langkah selanjutnya mengurus perizinan ke dinas pemerintah terkait. Adapun yang perlu diurus adalah : sertifikat test laboratorium dari Dinas Kesehatan, Izin Operasional dari Dinas Kesehatan, TDI (Tanda Daftar Industri), dan Izin Gangguan dari RT setempat. Dengan memiliki usaha yang tersertifikasi dari pemerintah, maka akan memberikan kepercayaan yang besar terhadap bisnis anda di mata konsumen.

 

Strategi Pemasaran

Jika di wilayah anda sudah banyak bertebaran usaha seperti ini, maka anda harus memberikan layanan ekstra seperti antar jemput, bonus satu galon air untuk sekian kali pembelian, atau juga memberikan peminjaman galon gratis bagi pelanggan anda. Yang terpenting, depot anda harus terlihat bersih dan higienis.  Jika anda mampu menjual 30 galon air per hari dengan harga Rp 4.000, maka dalam sehari besar pemasukan adalah Rp. 120.000. Sehingga, dalam satu bulan mendapatkan pemasukan 30 x 120.000 = Rp 3.600.000. Untuk biaya operasionalnya selama satu bulan (beli air, bayar listrik, beli tutup galon dan tissu, serta uang bensin) berdasarkan pengalaman beberapa wirausahawan di bidang ini adalah sekitar Rp 800.000an. Jadi keuntungan anda sekitar 2.800.000 rupiah / bulan. Semakin banyak jumlah galon air yang mampu anda layani, tentu keuntungannya lebih besar.

 

Untuk memasarkan usaha air isi ulang ini, sebenarnya tidak membutuhkan promosi yang bersifat khusu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu membagikan brosur maupun pamflet ke sekitar lokai usaha untuk memasarkan usaha air isi ulang tersebut. Dengan begitu, masyarakat sekitar akan mengetahui usaha air isi ulang tersebut. Selain itu, kamu juga bise melakukan promosi atau penawaran yang menarik. Misalnya dengan memberikan bonus berupa kupon gratis untuk mengisi air minum, misalnya setelah 10 kali pengisian konsumen memperoleh layanan gratis 1x pengisian.

Bonus tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk mengisi air minum di depot kamu. Kelebihan dari usaha ini ialah air yang praktis. Tingginya aktivitas masyarakat membuat mereka memilih sesuatu yang praktis.

Apalagi pemukiman warga semakin hari semakinr apat sehing air minum yang benar-benar sehat semakin sulit untuk ditemukan. Untuk mengisi air minum, biasanya orang lebih suka untuk mengisinya di depot isi ulang air minum, tanpa harus membuang waktu dan tenaga untuk memasak air. Keadaan ini sangat menguntungkan bisnis isi ulang air minum. Namun, kekurangan bisnis ini ialah kepercayaan masyarakat karena masyarakat akan sangat peka dengan kualitas air kemasan yang kamu jual.                                                                                                         Maka dari itu, jaga kualitas air di depot isi ulang kamu agar kepercayaan masyarakat juga terjaga. Agar usaha air isi ulang ini berhasil maka kamu harus memperhatikan dengan baik-baik beberapa hal, seperti kualitas air, harga per galon yang kamu tetapkan, layanan yang baik dan ramah serta lokasi strategis dari depot isi ulang tersebut.

Sebagai referensi, sebaiknya kamu memilih lokasi yang strategis seperti kampus dan perkantoran. Agar konsumen menjadi konsumen tetap maka dalam menjalankan bisnis air isi ulang ini kamu jangan pelit untuk memberikan bonus galon isi ulang jika konsumen tersebut telah membeli beberapa kali (misalnya sepuluh kali) dengan menyerahkan bukti kuitansi yang sudah ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *