Home » E-Business » Sistem Pembayaran Online

By: HAMDANA ILMAYA MAZIDIAN

Sistem pembayaran online merupakan salah satu bentuk kemudahan dalam sistem pembayaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Dengan sistem pembayaran online pembayaran dapat dilakukan jarak jauh dan real time, kita tidak harus datang ke tempat atau bertatap muka langsung dengan orang atau pihak dimana kita mempunyai kewajiban membayar padanya. Misalnya untuk pembayaran transaksi jual beli, tagihan rekening listrik, tagihan telepon atau ponsel, pajak, dan sebagainya.

Transaksi jual beli yang dilakukan secara online pada umumnya memang menggunakan sistem pembayaran online yaitu dengan kartu kredit ataupun akun pembayaran elektronik (e-payment). Sedangkan jual beli yang dilakukan secara offline (langsung bertatap muka) pada umumnya pembayarannya pun dilakukan secara offline (langsung dengan uang tunai atau cek), namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa pembayarannya juga menggunakan sistem pembayaran online seperti dengan kartu kredit ataupun e-banking / mobile banking yang lebih mudah dan praktis karena tidak perlu membawa uang tunai atau cek kemana-mana.

Untuk membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik, telepon atau ponsel, juga Pajak Bumi dan Bangunan, kita juga sangat dimudahkan dengan adanya sistem pembayaran online. Kita bisa membayar dengan menggunakan kartu ATM misalnya, sekali memasukkan kartu ATM di satu tempat kita dapat membayar berbagai tagihan tersebut dimana pun kita berada. Ini juga lebih efektif dan efisien daripada mendatangi tempat-tempat itu satu persatu.

Sistem pembayaran online menghubungkan sistem pihak penyedia layanan pembayaran (misalnya bank) dengan sistem database pihak penyedia barang atau jasa atau instansi pengelola keuangan menggunakan jaringan internet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *