Home » Small Business (UKM) » SOUVERNIR LUKISAN SILUET DARI LIMBAH KARPET

Pemerintah sekarang sedang menggalakkan ekonomi kreatif untuk menumbuhkan daya saing dalan usaha. Blitar termasuk kota yang berusaha menggalakkan sector pariwisata yang dibarengi produk-produk kreatif yang mendukung sektor tersebut. Salah satu bentuk produk kreatif yang kami tawarkan adalah membuat produk souvernir dalan bentuk lukisan siluet dengan bahan baku limbah karpet bekas, Yang nantinya akan melukiskan ikon kota blitar.

Produk yang akan dihasilkan dalam usaha ini adalah lukisan siluet dasar hitam dengan tinta warna putih. Selanjutnya mungkin akan dicoba lukisan dengan beberapa konbinasi warna. Produk tersebut dibuat  dengan  memanfaatkan  limbah karpet.  Alasan  lain adalah  untuk  mengoptimalkan  pemanfaatan  limbah karpet mobil sampai saat ini jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Sudah dimanfaatkan namun dalam bentuk keset yang nilainya ekonomisnya rendah.

 

Sisa-sisa industri otomotif dalam bentuk karpet mobil sangat melimpah bahkan sampai saat ini kesulitan untuk membuangnya. Ada beberapa industri kecil yang memanfaatkan sebagai keset, namun limpahan limbah semakin besar dan daya serapnya di pemanfaatan di industri sangat rendah.

Permasalahan yang muncul adalah masuknya limbah ang menggunung kalo tidak cepat di manfaatkan akan menjadi sampah yang tidak berguna, bahkan akan mencemari lingkungan, karena terbuat dari bahan yang tidak terurai.

Dari permasalahan itu kami mencoba membuat terobosan untuk membuat produk dengan bahan baku karpet tersebut. Ide yang muncul adalah souvernir karena pemerintah juga menggalakkan sector pariwisata, sehingga kita bias sinergi masuk dan terlibat dalam penyediaan souvernir untuk menambah kunjungan wisata.

 

  1. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan   latar   belakang   yang   dipaparkan   terdapat   beberapa masalah yang dapat dirumuskan antara lain:

  1. Bagaimana cara mendapatkan bahan baku untuk pembuatan  souvernir lukisan siluet?
  2. Bagaimana cara  menumbuh  kembangkan  usaha  kewirausahaan  bagi

mahasiswa  melalui  pengolahan  souvernir dari limbah karpet

  1. Bagaimana pemasaran  produk  kepada  konsumen,  hal  ini  merupakan masalah penting bagi setiap usaha?

 

  1. TUJUAN PROGRAM

Tujuan yang ingin dicapai dalam program ini antara lain:

  1. Menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan di kalangan mahasiswa untuk mendorong   terciptanya   wirausaha   baru   dengan   menerapkan IPTEK dalam berwirausaha.
  2. Meningkatkan pendapatan dan    kesejahteraan    masyarakat    melaluioptimasi pemanfaatan sumber daya manusia.
  3. Mengoptimalkan pemanfaatan bahan-bahan yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

  1. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Berdasarkan uraian diatas, maka target luaran yang ingin dicapai adalah

  1. Keterampilan bagi  mahasiswa  dalam  bidang  teknologi  industri  rumah

tangga  yaitu  menciptakan  produk  unik berupa suvernir lukisan siluet dari bahan karpet

  1. Tersedianya produk  baru  berbasis  home  industri  dengan  pemanfaatan

limbah karpet

  1. Pemanfaatan bahan buangan pabrik kurang dimanfaatkan.
  2. Terciptanya peluang  wirausaha  baru  yaitu  pengolahan  kerajian  tangan dari limbah karpet

 

  1. KEGUNAAN PROGRAM

Program   Kreatifitas   Mahasiswa   Kewirausahaan   ini   diharapkan

dapat memperoleh manfaat , yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan jumlah   individu/kelompok   dalam   bisnis   pemanfaatan limbah karpet
  2. Memberikan pemikiran  dan  inovasi-inovasi  baru  mengenai  peningktan

taraf hidup masyarakat melalui pemanfaatan limbah karpet

  1. Membentuk suatu  usaha  baru  yang  mengoptimalkan  sumber  daya  dari

pemanfaatan limbah karpet.

 

  1. Analisis Produk
  2. a) Jenis, Nama Produk, dan Karakterisrik Produk

Produk yang akan dihasilkan dalam usaha ini adalah Souvernir Lukisan Siluet yang  dibuat  dengan  memanfaatkan  limbah karpet.  Alasan  lain adalah  untuk  mengoptimalkan  pemanfaatan  limbah karpet  yang sampai saat ini jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Adapun   karakteristik   dari   produk   ini   adalah   berbentuk   lukisan siluet dasar hitam dengan gambar putih  tujuan  membuat souvernir untuk wisata,  diolah  dengan memanfaatkan  limbah karpet  yamg  ada  di  sekitar  lingkungan Universitas Islam Balitar,  harganya  relatif  terjangkau  dan  ekonomis, dan diharapkan dapat digunakan sebagai hiasan rumah ada nilai history.

 b) Prospek

Usaha   penciptaan   produk   baru   melalui   inovasi   barang   bekas merupakan usaha produktif yang saat banyak diminati oleh para wirausaha sebagai  ajang  peningkatan  mutu  terhadap  produk  yang  mereka  hasilkan. Pada umumnya pemanfaatan barang bekas sebagai hiasan rumah. Saat ini kita hanya mengenal hiasan hiasan dinding seperti lukisan atau yang biasa terbuat  dari  batu-batuan dan beberapa media lukis.

 c) Keunggulan hasil souvernir dari daur ulang karpet mobil

Keunggulan  pembuatan  souvenir siluet yang  kita  buat  dari    bahan  limbah karpet adalah:

  1. Untuk mendapatkan    bahan-bahan   ini   kita   tidak    bersusah   payah
  2. menghubungi pemasok  karena  bahannya  banyak  tersedia.
  3. produk yang dihasilkan ini unik berbeda dengan barang kerajinan yang lain yang sudah ada pada umumnya yaitu dalam bantuk kerajinan.

 d) Keterkaitan dengan Produk Lain dan Cara Perolehan Bahan baku

Hal  ini  berkaitan  dengan  saingan  dan  perbandingan  produk  yang dihasilkan   dengan   produk   lain   yang   sudah   ada.   Bahan   baku   yang digunakan   yang  tidak   lain   adalah   limbah karpet mobil.   Perolehan bahan baku bias kita ambil dari pengrajin keset di jatinom yang sementara masih menggunakan limbah untuk keset, dan menurut pengrajinnya bahwa limbah tersebut melimpah dari pabrik karpet supplier mobil-mobil di indonesia. Melalui usaha ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan penggunaannya. Untuk  perbandingannya  dengan  produk  lain  yang  sudah  ada,  sepertinya produk yang akan kami produksi ini memang bener-bener fresh jadi belum diketemukan competitor. Namun  kualitas  dan  mutu tetap menjadi prioritas produksi.

e) Pesaing dan Peluang Pasar

Walaupun sudah banyak pabrik penghasil souvenir  lukisan wisata saat ini, hal ini tidak menutup peluang usaha dari pelaksanaan program ini. Karena beberapa  adanya  keunggulan  yang  dimiliki  produk  ini  bila  dibandingkan dengan   produk souvenir lainnya,   baik   dari  segi   mutu   maupun  harganya.   Tidak menutup   kemungkinan   untuk   mengembangkan   usaha   ini.   Keunggulan produk  yang  dibust  ini  adalah  penggunaan  bahan  baku  yang  mudah didapatkan dan dapat dibuat dalam skala home industry.

  1. Media Promosi yang akan digunakan

Untuk menunjang proses pemasaran, ada beberapa alternatife yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk ini sehingga lebih dikenal oleh  masyarakat  dan  menjadi  pilihan  masyarakat  menjadi  hiasan  rumah. Media itu online sesuai kemampuan kami dalam e-business. Produk dengan sistem pemasaran digital

 

  1. Strategi Pemasaran yang akan diterapkan

Sebelum   mengembangkan   strategi   pemasaran   yang   akan   kami terapkan,    terlebih    dahulu    perlu    mengembangkan    sebuah    strategi diferensiasi  dan  penentuan  posisi  (positioning).  Strategi  diferensiasi  kami adalah  kami  menawarkan  produk  terbaik  pada  harga  menengah  dengan pelayanan  memuaskan  yang  dipromosikan  dengan  baik  dan  diarahkan untuk  konsumen  kelas  menengah.  Posisi  produk  kami  adalah  sebagai inovator sehingga kami harus gencar melakukan promosi.

Strategi    pemasaran    yang    digunakan    dalam    usaha    membuat souvernir lukisan siluet   dari   limbah karpet   bekas   menggunakan analisis   bauran   pemasaran   yaitu   mengenai   kebijakan   produk,   harga, promosi, dan distribusi.

  1. Kebijakan Produk

Usaha  ini  bergerak  dalam  bidang  home  industry.  Jenis  produk  ini

berupa kerajinan souvernir lukisan..

  1. Kebijakan Harga

Harga  yang  diberikan  kepada  pelanggan  yaitu  sebesar  Rp.  10.000,00  – Rp.  100.000,00   per buah tergantung besar-kecilnya lukisan

  1. Kebijakan Promosi

Untuk meningkatkan hasil penjualan hasil kerajinan tangan dari karpet dan  botol  bekas  maka  perlu  dilakukan  promosi.  Bentuk  promosi  ini diantaranya   yaitu   pamphlet,   dan   media   promosi   digital.   Sistem penjualan yan digunakan yaitu secara tunai.

  1. Kebijakan Distribusi

Distribusi   hasil   produksi   kepada   para   konsumen   dilakukan   secara langsung  ditempat  usaha  maupun  secara  tidak  langsung  yaitu  dengan menawarkan kerja sama ke berbagai toko.

 

  1. Rencana Produksi Selama Setahun

Target  atau  rencana  produksi  lukisan Siluet dari  karpet  dalam satu tahun adalah 1200 lembar karpet bekas

Bahan-bahan penolong

 

  1. Cat Minyak Minyak
  2. Alat bantu cetakan desin
  3. Computer untuk desain

Harga  souvernir  adalah  Rp  10.000,00  per  pc

 

Analisis Produksi Atau Operasi

  1. Bahan Baku

Bahan  baku  yang  digunakan  sebagai  usaha  pemanfaatan  limbah karpet ini antar lain terdiri dari bahan baku dan bahan penolong:

Bahan baku

  1. Karpet
  2. kayu, paku
  3. Cat minyak
  4. Kaca/Mika

 

b Peralatan Yang Digunakan

  1. Screen
  2. Hotgun
  3. Komputer untuk desain
  4. Printer

 Metode  yang digunakan  dalam  program  kewirausahaan  ini  adalah

sebagai berikut:

  1. Persiapan
  2. Persiapan Alat dan Bahan

Adapun alat yang digunakan antara lain:

  1. Komputer / printer
  2. Screen dan peralatan sablon
  3. hotgun

Adapun bahan yang digunakan antara lain:

  1. Limbah karpet
  2. Tinta
  3. Kayu untuk bingkai
  4. Paku, lem kayu
  5. Pelaksanaan

Cara pembuatan souvernir lukisan siluet dari karpet bekas ini antara lain sebagai berikut:

1)   Persiapan Bahan

Pertama menyiapkan alat dan bahan yang digunakan

2)   Pengolahan Bahan

  • Siapkan karpet bekas yang sudah digunting sesuai dengan ukuran
  • Desain gambar-gambar yang lagi trend, atau sesuaikan dengan tema wisata yang akan disuplay
  • Bikin film untuk sablon dengan media screen sablon
  • Gambar siap diaplikasikan di media karpet, keringkan dengan menggunakan hotgun
  • Setelah itu buat pigura dan diberi kaca depan/atau bias juga dengan mika yang tebal
  • Keunikan produk ini ada gabar bias detail sesuai dengan desain di komputer
  1. Pemasaran

Sasaran Pemasaran

1)   Tempat Wisata

Caranya   dengan   menawarkannya   kepada   gerai,gerai ditempat wisata misalnya makam  bung Karno, kampung Coklat produk yang telah dihasilkan.

2)   Tempat Pemasaran

?   Toko-toko ditempat wisata

?   Toko oleh-oleh dan souvernir diarea blitar raya

  1. Promosi

Promosi  dilakukan  melalui  pemasangan  pamflet  serta  brosur  di

kawasan jalan serta beberapa di daerah sekitar Blitar

Evaluasi

Evaluasi   ini   dilakukan   untuk   mengetahui   tingkat   daya   beli masyarakat  terhadap  produk  yang  dihasilkan,  mengevaluasi  komentar- komentar     konsumen     terhadap     produk     yang     dipasarkan,     dan memperbaiki   atau   menyempurnakan   produk   sesuai   dengan   selera konsumen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *