Home » Small Business (UKM) » Pempek » Top 10 Pempek Populer yang Wajib Kamu Coba

            Mendengar kata pempek, apa yang langsung datang ke pikiran kalian? Mungkin saja Palembang, ikan tenggiri, kuah cuko, dan pastinya pempek itu sendiri yang nikmat. Pempek adalah makanan khas Palembang (Sumatera Selatan) yang terbuat dari daging ikan tenggiri giling dan tepung kanji, serta beberapa bahan lain, seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa, dan garam. Santapan ini menjadi satu dari banyaknya kekayaan kuliner Nusantara yang tidak cukup bila hanya diberi dua jempol.

Bicara soal pempek, kebanyakan orang hanya familiar dengan pempek kapal selam dan pempek lenjer. Padahal, jenis pempek itu banyak sekali. Bahkan, banyak pula makanan khas turunan dari pempek, seperti otak-otak, sate ikan, rujak mie, dan sebagainya. Indonesia memang pantas mendapat julukan surganya kuliner. Satu makanan saja bisa beranak-pinak sedemikian banyaknya. Nah, kali ini, saya akan memberikan Top 10 pempek populer yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Untuk mudahnya, ada beberapa jenis adonan pempek, yaitu adonan lenjer, adonan adaan, dan adonan kulit. Langsung cek, yuk!

 

  1. Pempek Dos

Pempek Dos adalah pempek yang bahan pembuatannya berbeda dari yang lain, yaitu sama sekali tidak menggunakan ikan, melainkan tepung kanji. Berhubung hanya bahan utama yang menjadi perbedaan mencolok, pempek dos bisa dibentuk seperti pempek pada umumnya. Bentuk yang biasa ditemukan berupa telur kecil, pistel, kapal selam, dan lenjer. Buat kalian para vegetarian, pempek ini cocok sekali sebagai salah satu rekomendasi penganan yang bebas daging dan ikan. Jadi, tidak perlu iri lagi melihat orang lain menyantap pempek yang aduhai sedapnya. Apalagi tekstur pempek dos lebih kenyal, garing di luar, dan lembut di dalam.

  1. Pempek Panggang

Pempek yang direbus atau digoreng adalah jenis pempek yang sudah terlalu biasa. Kini, ada pula olahan ikan tenggiri ini yang dipanggang. Pempek Panggang, pempek dari adonan lenjer yang dibentuk bulat pipih, lalu dipanggang di atas bara arang. Proses pemanggangan yang memakan waktu sekitar 15-20 menit hingga bagian tengahnya matang sempurna ini menjadikan pempek memiliki tekstur luar yang sedikit lebih alot, tetapi bagian tengah yang sangat lunak. Setelah matang, pempek ini bisa dinikmati dengan kuah cuko, atau dibelah bagian sampingnya, lalu diisi udang kering atau ebi, serta ditambah kecap manis dan sambal cabai hijau.

  1. Pempek Pistel

Di urutan ke-8 ada Pempek Pistel, yaitu penghuni kerajaan pempek yang unik lainnya. Jika biasanya pempek diisi dengan telur, pempek pistel memiliki isian tumisan pepaya muda yang diparut dan dimasak dengan santan dan udang kering. Makanan yang kerap disebut sebagai Pempek Pastel atau Pempek Kates ini dibuat dari adonan lenjer dan berbentuk seperti telur kecil yang bermotif pastel. “Kates” adalah sebutan pepaya bagi orang Palembang, mirip dengan bahasa Jawa.

  1. Pempek Sosis

Inilah salah satu inovasi dari dunia per-pempek-an. Adalah Pempek Sosis, pempek yang terbuat dari adonan lenjer yang diisi dengan sosis. Tanpa meninggalkan cita rasa asli Palembang, pempek ini merupakan rekomendasi yang cukup unik dan patut dicoba. Kreasi modern dari pempek lenjer ini pas sekali untuk mengikuti selera lidah orang Indonesia yang mengikuti perkembangan zaman. Bosan dengan pempek biasa? Pilih saja pempek sosis. Soal rasa, boleh dicoba.

  1. Pempek Keriting

            Dilihat dari namanya, Anda pasti sudah bisa membayangkan bentuk dari pempek ini. Pempek keriting dibuat dari adonan lenjer menggunakan alat khusus bernama “pirikan” untuk menghasilkan bentuk keriting mirip kerupuk tersebut. Tekstur pempek ini lebih lembut dibandingkan teman-temannya. Jenis ini biasa disajikan dengan direbus saja, tetapi beberapa orang suka menyajikan dengan digoreng sehingga teksturnya menjadi garing. Akan tetapi, apapun penyajiannya, pempek keriting akan tetap enak disantap, apalagi untuk menemani hangatnya berkumpul bersama keluarga.

  1. Pempek Lenggang

Pempek lenggang adalah salah satu jenis pempek yang pembuatannya dengan cara dipanggang. Rasanya yang sangat gurih menjadikannya salah satu primadona bagi pecinta pempek. Proses pembuatan pempek lenggang memang dengan dipanggang, tetapi ada juga yang digoreng. Biasanya, dua butir telur ayam dikocok, lalu dituang ke wadah persegi dari daun pisang. Tidak ketinggalan adonan lenjer yang sudah dicubit kecil-kecil, ditebar ke dalam wadah berisi telur tersebut, baru kemudian dipanggang. Setelah bagian bawahnya matang, lenggang akan dibalik ke dalam wadah persegi daun pisang lainnya. Kalau digoreng, pembuatannya sama seperti pembuatan telur dadar. Setelah benar-benar matang, pempek lenggang bisa dinikmati dengan kuah cuko dan ditambah potongan ketimun serta ebi.

  1. Pempek Kulit

Buat kalian pecinta makanan garing dan renyah, pempek yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Pempek Kulit, jenis pempek “krispi” yang terbuat dari adonan kulit ikan pipih dan digoreng hingga garing. Berhubung bahan dari kulit ikan, maka adonan pempek kulit tidak bisa digunakan untuk membuat pempek jenis lain. Adonan yang sudah dibentuk bundar pipih langsung dimasukkan ke dalam penggorengan berminyak panas, tanpa direbus terlebih dahulu. Pempek ini pantas menduduki peringkat empat.

  1. Pempek Lenjer

Pempek Lenjer adalah jenis pempek yang paling sering dibuat dan dijual di sekitar kita. Pempek ini dibuat menggunakan adonan lenjer dan dibentuk seperti guling atau gelondongan, seperti namanya yang berarti pempek yang dibuat dengan bentuk memanjang. Jenis pempek yang paling dasar pembentukannya ini berbahan utama sama seperti yang lain, yaitu daging ikan. Bentuk yang sedemikian rupa pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yaitu pempek lenjer mini dan pempek lenjer jumbo. Pempek lenjer mini berukuran sepertiga dari yang jumbo. Rasa di antara keduanya sama, hanya ukuran yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

  1. Pempek Adaan

Runner up dari pertandingan pempek diduduki oleh Pempek Adaan. Pempek ini merupakan jenis pempek yang diadon bersama potongan bawang dan santan yang tidak melalui proses perebusan, melainkan langsung digoreng. Makanan yang kerap juga disebut sebagai pempek bulat ini memiliki aroma lebih sedap dan rasa lebih gurih. Beberapa orang membuat pempek adaan dengan direbus terlebih dahulu baru digoreng, tetapi cara pengolahan seperti ini akan mengurangi cita rasa pempek adaan asli Palembang.

  1. Pempek Kapal Selam

Inilah juara pempek kita! Siapa yang tak tahu pempek kapal selam? Ya, pempek kapal selam adalah jenis pempek yang paling populer dari semua pempek yang disebutkan di sini. Mungkin karena namanya yang unik dan rasanya yang sangat lezat, sehingga membuat orang yang mencicipi akan ketagihan. Pempek kapal selam dibuat dari adonan lenjer yang dibuat cekungan sebelum diisi satu telur utuh, baik telur ayam maupun telur bebek. Proses pembuatan pempek ini tidak mudah dan sering menyebabkan adonan pecah saat pengisian telur. Oleh karena itu, sebagian orang akan merebus telur terlebih dahulu, lalu tinggal memasukkannya ke dalam adonan pempek sebelum direbus kembali. Namun, cara ini membuat telur mengalami dua kali perebusan sehingga akan sedikit kehilangan cita rasa aslinya.

 

Nah, itulah Top 10 Pempek populer yang wajib kamu coba. Kuliner pempek memang tak bisa jauh dari kata Palembang. Akan tetapi, untuk menikmati cita rasa asli Palembang tersebut, kamu tidak perlu jauh-jauh terbang ke Sumatera Selatan. Blitar juga punya. Pempek Dok Sikam, pempek di daerah Kota Proklamator sebagai alternatif pempek asli Palembang. Soal rasa, Palembang banget! Dibuat dengan daging ikan tenggiri segar dan bahan-bahan berkualitas. Harga bawa kualitas, ya. Untuk order silakan hubungi WA/ Telp. 085335538892 atau langsung ke lokasi di Jalan Cicadas No. 18, Bendo, Blitar. Dengan harga per porsi hanya Rp 25.000 (10 pcs), kamu sudah mendapatkan pempek lenjer, pempek adaan, pempek telur, dan pempek kulit beserta kuah cuko yang rasanya mantap. Kualitas jempol, deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *